4 Nov 2014

COMPUTER USER INTERFACE

Pada posting kali ini saya akan membahas tentang  Apa ituComputer User Interface?? mari kita bahas....

Apa itu Computer User Interface ??

User interface merupakan ruang di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi. Tujuan dari interaksi tersebut adalah untuk pengoperasian yang efektif dan Pasacontrol dari mesin pada pengguna, dan umpan balik dari mesin, yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. 
Pada umumnya, tujuan terjadinya interaksi manusia dengan mesin adalah untuk menghasilkan user interface yang membuat mudah (self explanatory), efisien, dan menyenangkan (user friendly) untuk mengoperasikan mesin dengan cara yang diinginkan dan menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti bahwa operator perlu memberikan masukan minimal untuk mencapai output yang diinginkan, dan juga bahwa mesin meminimalkan output yang tidak diinginkan ke manusia. 
ini sejarah singkatnya ! :) 
Batch interface, 1945–1968 (IBM 029 kartu punch )



Dalam jaman penggunaan batch, daya komputasi sangat langka dan mahal. Antarmuka pengguna yang belum sempurna. Pengguna harus mengakomodasi komputer daripada sebaliknya; antarmuka pengguna dianggap di atas kepala, dan perangkat lunak yang dirancang untuk menjaga prosesor pada pemanfaatan maksimal dengan sebagai sedikit overhead mungkin.
Sisi input atau pemasukkan data dari user interface untuk mesin batch adalah menekan kartu atau media setara seperti pita kertas. Sisi output atau pencetakan menambahkan printer line untuk media ini. Dengan pengecualian terbatas konsol sistem operator, manusia tidak berinteraksi dengan mesin bets secara real time sama sekali.
Untuk mengirimkan pekerjaan pada mesin batch yang terlibat, pertama kali yang harus kita siapkan adalah menyiapkan setumpuk kartu untuk menekan menggambarkan program dan dataset. Meninju kartu Program tidak dilakukan pada komputer itu sendiri, tapi pada mesin mesin tik-seperti khusus yang terkenal sulit digunakan dan rentan terhadap kegagalan mekanik. Antarmuka perangkat lunak menggunakan sintaks yang sangat ketat dimaksudkan untuk diurai oleh para penyusun mungkin terkecil dan interpreter.
cara penggunaan Lubang pada mesin menekan kartu sesuai dengan kode diatur sebelumnya mentransfer fakta dari kuesioner sensus ke dalam statistik
Setelah kartu yang menekan, orang akan menjatuhkan mereka dalam antrian pekerjaan dan menunggu. Akhirnya. operator akan memberi makan dek untuk komputer, mungkin pemasangan pita magnetik untuk memasok dataset atau penolong perangkat lunak lain. Pekerjaan akan menghasilkan printout, berisi hasil akhir atau (terlalu sering) pemberitahuan batalkan dengan error log terpasang. Sukses berjalan mungkin juga menulis hasil pada pita magnetik atau menghasilkan beberapa kartu data yang akan digunakan dalam perhitungan nanti.
Waktu turnaround untuk satu pekerjaan sering memerlukan waktu yang lama dan rawan kesalahan Toggling dalam program dalam kode biner menggunakan switch konsol. Mesin-mesin yang sangat awal sebenarnya harus sebagian rewired untuk dimasukkan logika program ke dalam diri mereka, dengan menggunakan perangkat yang dikenal sebagai plugboards.


MACAM - MACAM TEKNOLOGI COMPUTER USER INTERFACE

A. Text Based


Text Based adalah salah satu yang utama dari input dan output didasarkan pada teks dibandingkan oleh gambar atau suara. Ini tidak berarti bahwa aplikasi berbasis teks tidak memiliki grafis maupun  suara, hanya saja grafik maupun  suara yang sekunder terhadap teks.

Sejarah dari Text Based
Sebelum tahun 1980-an, kebanyakan komputer menggunakan teknologi berbasis teks. Operator digunakan keyboard sebagai perangkat input utama untuk mengetikkan perintah yang diperlukan ke dalam terminal yang hanya bisa menampilkan teks pada resolusi rendah Monitor monokrom video. Mayoritas perangkat lunak pengguna akhir juga ditulis dalam mode berbasis teks selama ini. Selama era ini, operasi komputer dianggap menjadi tugas yang menantang karena kompleksitas lingkungan berbasis teks.
Namun, dengan perkembangan teknologi antarmuka pengguna grafis dan peningkatan hardware, banyak pencipta perangkat lunak mulai menambahkan grafis untuk aplikasi mereka. Akibatnya, perangkat penunjuk yang mengontrol koordinasi kursor pada layar menjadi sumber masukan utama (seperti mouse), dan grafis yang ditampilkan dengan beberapa teks pada layar menjadi sumber output utama.
Ada banyak perangkat lunak berbasis teks dalam sistem operasi modern, khususnya di Unix dan Unix-like, yang biasanya dapat diakses melalui shell berjalan dalam sistem (atau virtual) konsol atau terminal emulator. Dalam sistem operasi ini program berbasis teks terus menjadi perangkat lunak utama untuk administrasi sistem, pemrograman dan scripting. Sebaliknya, Microsoft Windows berisi berbasis teks perangkat lunak jauh lebih sedikit, yang pada dasarnya adalah sisa-sisa karena keturunan MS-DOS, meskipun masih ada beberapa program untuk administrasi sistem dan pemeliharaan kritis.
Ketika metode yang digunakan untuk mengakses sistem operasi itu sendiri adalah berbasis teks, antarmuka biasanya disebut sebagai Command Line Interface (CLI). Fungsi ini dilakukan oleh berbagai kerang di Unix dan sistem operasi mirip Unix, dan CMD dan PowerShell di Microsoft Windows.

 Berikut beberapa contoh Sistem Operasi jaringan berbasis text

  •   Linux Debian
  •   DOS
  •   Wordstar
  •   Lotus 123
  •   Linux Suse
  •   Sun Solaris
  •   Linux Mandrake
  •   Knoppix
  •   MacOS
  •   UNIX
  •   Windows NT
  •   Windows 2000 Server  Windows 2003


2. Menu based




Menu based adalah sebuah antar muka yang hanya menunjukkan menu dengan pilihan khusus untuk pengguna untuk memilih setelah pengguna telah memilih opsi dari menu, program akan membuka layar menu lain dan proses ini akan berlanjut sampai pilihan tertentu dipilih.
 contoh aplikasi yang berbasis menu based salah satunya adalah Lotus 123 dan d Base III+.  Berikut  sedikit kilasan dari d Base III+.

A. Lotus 123


Lotus 1-2-3 adalah program spreadsheet dari Lotus Software (sekarang bagian dari IBM). Ini adalah pertama IBM PC sering dipergunakan pada masa pertengahan 1980-an dan merupakan pemberi kontribusi yang sangat baik terhadsap perkembangan PC IBM di lingkungan perusahaan.
Spreadsheet pertama, VisiCalc, telah membantu meluncurkan Apple II sebagai salah satu komputer pribadi awal dalam penggunaan bisnis. Dengan IBM masuk ke pasar, VisiCalc lambat untuk merespon, dan ketika mereka melakukannya, mereka meluncurkan apa yang pada dasarnya port lurus sistem yang ada meskipun kemampuan perangkat keras sangat diperluas. Solusi Lotus 'dipasarkan sebagai solusi terintegrasi-three in one, yang ditangani perhitungan spreadsheet, fungsi database, dan grafik grafis - demikian nama "1-2-3". 1-2-3 dengan cepat menyalip VisiCalc, serta Multiplan dan SuperCalc, dua pesaing VisiCalc.
1-2-3 adalah standar de facto sepanjang tahun 1980 dan sampai 1990-an, bagian dari tiga serangkai produk yang termasuk dBASE dan Word Perfect untuk membangun platform bisnis kecil lengkap. Tidak sampai penerimaan Windows 3.0 mulai tumbuh bahwa pasar mulai berubah. Tak satu pun dari perusahaan-perusahaan ini dengan serius telah mempertimbangkan antarmuka pengguna grafis di era DOS, dan menanggapi perlahan-lahan ke produk Microsoft sendiri, Excel dan Word. Sebagai awal 1990-an berakhir, 1-2-3 berada di nomor tiga posisi, dan tidak pernah pulih. IBM membeli Lotus dan terus penjualan, hanya secara resmi berakhir penjualan pada tahun 2013.

dBASE III + (1986-1987)



dBASE III +, adalah versi termasuk menu berbasis karakter untuk meningkatkan kemudahan penggunaan,  dBASE III + akan pergi untuk menjadi hanya berhasil seperti dBASE II telah, powering perusahaan $ 300 juta dalam penjualan pada tahun 1987.
dBASE tumbuh berat selama bertahun-tahun, sehingga Esber memulai sebuah proyek di bawah Mike Benson untuk kembali arsitek dBASE untuk dunia baru dari perangkat lunak client-server. Itu menjadi penulisan ulang lengkap, dirancang sebagai dBASE generasi berikutnya.
dBASE adalah produk yang kompleks, dan industri pihak ketiga berkembang bermunculan untuk mendukungnya. Sejumlah produk yang diperkenalkan untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu dari dBASE, baik pemrograman dan operasi sehari-hari. Sebagai Ashton-Tate mengumumkan versi terbaru dari dBASE, mereka sering akan memutuskan untuk memasukkan beberapa fungsi yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai fitur dari sistem dasar. Bisa ditebak, penjualan versi pihak ketiga akan langsung berhenti, apakah atau tidak versi baru dBASE sebenarnya termasuk fitur itu. Setelah beberapa pengumuman vaporware tersebut, pengembang pihak ketiga mulai menjadi marah.
Satu tambahan sangat penting untuk lineup pihak ketiga add-ons adalah rilis akhirnya dBASE compiler, yang akan mengambil proyek dBASE dan kompilasi dan link ke dalam program runnable berdiri sendiri. 
3.Icon Based


Sebuah user interface yang menampilkan elemen grafis untuk mewakili pilihan menu. Juga disebut "antarmuka ikon" dan "berbasis widget antarmuka," istilah ini sering digunakan untuk membedakan antarmuka GUI dengan antarmuka baris perintah. Icon based menggunakan mouse sebagai penggerak pointernya.
Dalam Icon based ada istilah Graphical User Interface dan ada juga Windows Icon Menus Pointer, mari kita bahas satu persatu secara singkat..


Graphical User Interface (GUI)


adalah jenis antar muka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada alat elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.
Contoh: Microsoft Windows, MacOS dan Xwin menggunakan jenis GUI yang berbeda.

Windows Icon Menus Pointer



Dalam interaksi manusia-komputer, WIMP singkatan dari "jendela, ikon, menu, pointer", yang menunjukkan gaya interaksi menggunakan unsur-unsur dari user interface. Itu diciptakan oleh Merzouga Wilberts pada tahun 1980. ekspansi lainnya kadang-kadang digunakan, menggantikan "tikus" dan "tikus" atau "pull-down menu" dan "menunjuk", untuk menu dan pointer, masing-masing.
Meskipun istilah telah jatuh ke dalam tidak digunakan, beberapa menggunakannya secara tidak benar sebagai sinonim perkiraan untuk antarmuka pengguna grafis (GUI). Setiap antarmuka yang menggunakan grafis dapat disebut GUI, dan sistem WIMP berasal dari sistem tersebut. Namun, sementara semua sistem WIMP menggunakan grafis sebagai elemen kunci (ikon dan pointer elemen), dan oleh karena itu GUI, kebalikannya tidak benar. Beberapa GUI tidak didasarkan pada jendela, ikon, menu, dan pointer. Sebagai contoh, kebanyakan ponsel merupakan tindakan sebagai ikon, dan beberapa mungkin memiliki menu, tapi sangat sedikit mencakup pointer atau menjalankan program dalam jendela.
Interaksi WIMP dikembangkan di Xerox PARC (lihat Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun 1973) dan dipopulerkan dengan pengenalan Apple Macintosh pada tahun 1984, yang menambahkan konsep "menu bar" dan diperpanjang manajemen jendela.


4. Touch Screen



Sebuah touchscreen adalah tampilan visual elektronik bahwa pengguna dapat mengontrol melalui sederhana atau gerakkan multi touch dengan menyentuh layar dengan stylus khusus / pena dan-atau satu atau lebih jari.Beberapa sentuh menggunakan sarung tangan biasa atau dilapisi khusus untuk bekerja sementara yang lain menggunakan stylus / pena khusus saja.Pengguna dapat menggunakan layar sentuh untuk bereaksi terhadap apa yang ditampilkan dan untuk mengontrol bagaimana ditampilkan (misalnya dengan zoom ukuran teks).
Touchscreen ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan apa yang ditampilkan, daripada menggunakan mouse , touchpad, atau perangkat perantara lain (selain stylus, yang opsional untuk touchscreens paling modern).
Touchscreens yang umum di perangkat seperti konsol game,komputer pribadi ,ponsel/smartphone, tablet . Mereka juga dapat dilampirkan ke komputer atau, seperti terminal, ke jaringan. Mereka juga memainkan peran penting dalam desain peralatan digital seperti personal digital assistant (PDA) , navigasi perangkat, ponsel , dan video game dan beberapa buku (buku elektronik).
Secara historis, sensor touchscreen dan menyertainya berbasis kontroler firmware yang telah disediakan oleh beragam setelah pasar system integrator, dan bukan oleh tampilan, chip atau produsen motherboard. Produsen layar dan produsen chip di seluruh dunia telah mengakui kecenderungan penerimaan touchscreens sebagai sangat diinginkan user interface komponen dan telah mulai mengintegrasikan touchscreens ke dalam desain dasar dari produk mereka.
Bebarapa Sistem operasi yang sudah menanamkan teknologi touch screen adalah
1.IOS
2. Windows
3. Android
4.Blackberry
5. dll


5. Gesture based


teknologi ini Sampai saat ini masih terus dikembangkan oleh para ahli. agar memudahkan teknoogi kedepannya.

x

0 komentar:

Posting Komentar

  • Blogger news

  • Blogroll