Pada posting kali ini saya akan membahas tentang Apa ituComputer User Interface?? mari kita bahas....
Apa itu Computer User Interface ??
User
interface merupakan ruang di mana interaksi antara manusia dan mesin terjadi.
Tujuan dari interaksi tersebut adalah untuk pengoperasian yang efektif dan Pasacontrol dari mesin pada pengguna, dan
umpan balik dari mesin, yang membantu operator dalam membuat keputusan
operasional.
Pada
umumnya, tujuan terjadinya interaksi manusia dengan mesin adalah untuk
menghasilkan user interface yang membuat mudah
(self explanatory), efisien, dan menyenangkan (user friendly) untuk
mengoperasikan mesin dengan cara yang
diinginkan dan menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini
biasanya berarti bahwa operator perlu memberikan masukan minimal untuk mencapai
output yang diinginkan, dan juga bahwa mesin meminimalkan output yang tidak
diinginkan ke manusia.
ini sejarah singkatnya ! :)
Batch interface, 1945–1968 (IBM 029
kartu punch )
Dalam jaman penggunaan batch, daya komputasi sangat langka dan mahal. Antarmuka pengguna yang
belum sempurna. Pengguna harus mengakomodasi komputer daripada sebaliknya;
antarmuka pengguna dianggap di atas kepala, dan perangkat lunak yang dirancang
untuk menjaga prosesor pada pemanfaatan maksimal dengan sebagai sedikit
overhead mungkin.
Sisi
input atau pemasukkan data dari user interface untuk mesin batch adalah menekan kartu atau
media setara seperti pita kertas. Sisi output atau pencetakan menambahkan printer line untuk
media ini. Dengan pengecualian terbatas konsol sistem operator, manusia tidak
berinteraksi dengan mesin bets secara real time sama sekali.
Untuk mengirimkan
pekerjaan pada mesin batch yang terlibat, pertama kali yang harus kita siapkan adalah menyiapkan setumpuk kartu untuk menekan menggambarkan program dan dataset. Meninju kartu Program tidak
dilakukan pada komputer itu sendiri, tapi pada mesin mesin tik-seperti khusus
yang terkenal sulit digunakan dan rentan terhadap kegagalan
mekanik. Antarmuka perangkat lunak menggunakan sintaks
yang sangat ketat dimaksudkan untuk diurai oleh para penyusun mungkin terkecil
dan interpreter.
cara penggunaan Lubang pada mesin menekan kartu sesuai dengan kode diatur sebelumnya mentransfer fakta dari
kuesioner sensus ke dalam statistik
Setelah
kartu yang menekan, orang akan menjatuhkan mereka dalam antrian pekerjaan dan
menunggu. Akhirnya. operator akan memberi makan dek untuk komputer, mungkin
pemasangan pita magnetik untuk memasok dataset atau penolong perangkat lunak
lain. Pekerjaan akan menghasilkan printout, berisi hasil akhir atau (terlalu
sering) pemberitahuan batalkan dengan error log terpasang. Sukses berjalan
mungkin juga menulis hasil pada pita magnetik atau menghasilkan beberapa kartu
data yang akan digunakan dalam perhitungan nanti.
Waktu
turnaround untuk satu pekerjaan sering memerlukan waktu yang lama dan rawan kesalahan Toggling dalam program
dalam kode biner menggunakan switch konsol. Mesin-mesin yang sangat awal
sebenarnya harus sebagian rewired untuk dimasukkan logika program ke dalam diri
mereka, dengan menggunakan perangkat yang dikenal sebagai plugboards.
MACAM - MACAM TEKNOLOGI COMPUTER USER INTERFACE
A. Text Based
Text Based adalah salah satu yang utama dari input dan
output didasarkan pada teks dibandingkan oleh gambar atau suara. Ini tidak berarti
bahwa aplikasi berbasis teks tidak memiliki grafis maupun suara, hanya saja
grafik maupun suara yang sekunder terhadap teks.
Sejarah dari Text Based
Sebelum
tahun 1980-an, kebanyakan komputer menggunakan teknologi berbasis teks. Operator digunakan
keyboard sebagai perangkat input utama untuk mengetikkan perintah yang
diperlukan ke dalam terminal yang hanya bisa menampilkan teks pada resolusi
rendah Monitor monokrom video. Mayoritas perangkat lunak pengguna akhir juga
ditulis dalam mode berbasis teks selama ini. Selama era ini, operasi komputer
dianggap menjadi tugas yang menantang karena kompleksitas lingkungan berbasis
teks.
Namun,
dengan perkembangan teknologi antarmuka pengguna grafis dan peningkatan hardware, banyak pencipta perangkat lunak mulai menambahkan grafis untuk aplikasi mereka.
Akibatnya, perangkat penunjuk yang mengontrol koordinasi kursor pada layar
menjadi sumber masukan utama (seperti mouse), dan grafis yang ditampilkan
dengan beberapa teks pada layar menjadi sumber output utama.
Ada
banyak perangkat lunak berbasis teks dalam sistem operasi modern, khususnya di
Unix dan Unix-like, yang biasanya dapat diakses melalui shell berjalan dalam
sistem (atau virtual) konsol atau terminal emulator. Dalam sistem operasi ini
program berbasis teks terus menjadi perangkat lunak utama untuk administrasi
sistem, pemrograman dan scripting. Sebaliknya, Microsoft Windows berisi
berbasis teks perangkat lunak jauh lebih sedikit, yang pada dasarnya adalah
sisa-sisa karena keturunan MS-DOS, meskipun masih ada beberapa program untuk
administrasi sistem dan pemeliharaan kritis.
Ketika
metode yang digunakan untuk mengakses sistem operasi itu sendiri adalah
berbasis teks, antarmuka biasanya disebut sebagai Command Line Interface (CLI).
Fungsi ini dilakukan oleh berbagai kerang di Unix dan sistem operasi mirip
Unix, dan CMD dan PowerShell di Microsoft Windows.
Berikut
beberapa contoh Sistem Operasi jaringan berbasis text
- Linux Debian
- DOS
- Wordstar
- Lotus 123
- Linux Suse
- Sun Solaris
- Linux Mandrake
- Knoppix
- MacOS
- UNIX
- Windows NT
- Windows 2000 Server Windows 2003
2. Menu based
Menu based adalah sebuah antar muka yang hanya
menunjukkan menu dengan pilihan khusus untuk pengguna untuk memilih setelah
pengguna telah memilih opsi dari menu, program akan membuka layar menu lain dan
proses ini akan berlanjut sampai pilihan tertentu dipilih.
contoh
aplikasi yang berbasis menu based salah satunya adalah Lotus 123 dan d Base
III+. Berikut sedikit kilasan dari d Base III+.
A. Lotus 123
Lotus 1-2-3 adalah program spreadsheet dari Lotus Software (sekarang bagian dari IBM). Ini adalah pertama IBM PC sering dipergunakan pada masa pertengahan 1980-an dan merupakan pemberi kontribusi yang sangat baik terhadsap perkembangan PC IBM di lingkungan perusahaan.
Spreadsheet pertama, VisiCalc, telah membantu meluncurkan Apple II sebagai salah satu komputer pribadi awal dalam penggunaan bisnis. Dengan IBM masuk ke pasar, VisiCalc lambat untuk merespon, dan ketika mereka melakukannya, mereka meluncurkan apa yang pada dasarnya port lurus sistem yang ada meskipun kemampuan perangkat keras sangat diperluas. Solusi Lotus 'dipasarkan sebagai solusi terintegrasi-three in one, yang ditangani perhitungan spreadsheet, fungsi database, dan grafik grafis - demikian nama "1-2-3". 1-2-3 dengan cepat menyalip VisiCalc, serta Multiplan dan SuperCalc, dua pesaing VisiCalc.
1-2-3 adalah standar de facto sepanjang tahun 1980 dan sampai 1990-an, bagian dari tiga serangkai produk yang termasuk dBASE dan Word Perfect untuk membangun platform bisnis kecil lengkap. Tidak sampai penerimaan Windows 3.0 mulai tumbuh bahwa pasar mulai berubah. Tak satu pun dari perusahaan-perusahaan ini dengan serius telah mempertimbangkan antarmuka pengguna grafis di era DOS, dan menanggapi perlahan-lahan ke produk Microsoft sendiri, Excel dan Word. Sebagai awal 1990-an berakhir, 1-2-3 berada di nomor tiga posisi, dan tidak pernah pulih. IBM membeli Lotus dan terus penjualan, hanya secara resmi berakhir penjualan pada tahun 2013.
dBASE
III + (1986-1987)
dBASE III +, adalah
versi termasuk menu berbasis karakter untuk meningkatkan kemudahan penggunaan, dBASE III +
akan pergi untuk menjadi hanya berhasil seperti dBASE II telah, powering
perusahaan $ 300 juta dalam penjualan pada tahun 1987.
dBASE tumbuh berat
selama bertahun-tahun, sehingga Esber memulai sebuah proyek di bawah Mike
Benson untuk kembali arsitek dBASE untuk dunia baru dari perangkat lunak
client-server. Itu menjadi penulisan ulang lengkap, dirancang sebagai dBASE
generasi berikutnya.
dBASE adalah produk
yang kompleks, dan industri pihak ketiga berkembang bermunculan untuk
mendukungnya. Sejumlah produk yang diperkenalkan untuk meningkatkan aspek-aspek
tertentu dari dBASE, baik pemrograman dan operasi sehari-hari. Sebagai
Ashton-Tate mengumumkan versi terbaru dari dBASE, mereka sering akan memutuskan
untuk memasukkan beberapa fungsi yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai
fitur dari sistem dasar. Bisa ditebak, penjualan versi pihak ketiga akan
langsung berhenti, apakah atau tidak versi baru dBASE sebenarnya termasuk fitur
itu. Setelah beberapa pengumuman vaporware tersebut, pengembang pihak ketiga
mulai menjadi marah.
Satu tambahan sangat
penting untuk lineup pihak ketiga add-ons adalah rilis akhirnya dBASE compiler,
yang akan mengambil proyek dBASE dan kompilasi dan link ke dalam program
runnable berdiri sendiri.
3.Icon Based
Sebuah user interface
yang menampilkan elemen grafis untuk mewakili pilihan menu. Juga disebut
"antarmuka ikon" dan "berbasis widget antarmuka," istilah
ini sering digunakan untuk membedakan antarmuka GUI dengan antarmuka baris
perintah. Icon based menggunakan mouse sebagai penggerak pointernya.
Dalam Icon based ada
istilah Graphical User Interface dan ada juga Windows Icon Menus Pointer, mari kita bahas satu persatu secara singkat..
Graphical User
Interface (GUI)
adalah jenis antar muka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada alat elektronik secara grafis (bukan perintah teks)
antara pengguna dan komputer.
GUI menjadi salah satu
faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak seperti pemutar MP3, pemutar media portabel
atau piranti permainan, peralatan rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan
informasi dan perintah yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.
Contoh: Microsoft Windows,
MacOS dan Xwin menggunakan jenis GUI yang berbeda.
Windows Icon Menus
Pointer
Dalam interaksi
manusia-komputer, WIMP singkatan dari "jendela, ikon, menu, pointer",
yang menunjukkan gaya interaksi menggunakan unsur-unsur dari user interface.
Itu diciptakan oleh Merzouga Wilberts pada tahun 1980. ekspansi lainnya
kadang-kadang digunakan, menggantikan "tikus" dan "tikus"
atau "pull-down menu" dan "menunjuk", untuk menu dan
pointer, masing-masing.
Meskipun istilah
telah jatuh ke dalam tidak digunakan, beberapa menggunakannya secara tidak
benar sebagai sinonim perkiraan untuk antarmuka pengguna grafis (GUI). Setiap
antarmuka yang menggunakan grafis dapat disebut GUI, dan sistem WIMP berasal
dari sistem tersebut. Namun, sementara semua sistem WIMP menggunakan grafis
sebagai elemen kunci (ikon dan pointer elemen), dan oleh karena itu GUI,
kebalikannya tidak benar. Beberapa GUI tidak didasarkan pada jendela, ikon,
menu, dan pointer. Sebagai contoh, kebanyakan ponsel merupakan tindakan sebagai
ikon, dan beberapa mungkin memiliki menu, tapi sangat sedikit mencakup pointer
atau menjalankan program dalam jendela.
Interaksi WIMP
dikembangkan di Xerox PARC (lihat Xerox Alto, yang dikembangkan pada tahun
1973) dan dipopulerkan dengan pengenalan Apple Macintosh pada tahun 1984, yang
menambahkan konsep "menu bar" dan diperpanjang manajemen jendela.
4. Touch Screen
Sebuah touchscreen adalah tampilan visual elektronik bahwa pengguna dapat
mengontrol melalui sederhana atau gerakkan multi touch dengan menyentuh layar
dengan stylus khusus / pena dan-atau satu atau lebih jari.Beberapa sentuh
menggunakan sarung tangan biasa atau dilapisi khusus untuk bekerja sementara
yang lain menggunakan stylus / pena khusus saja.Pengguna dapat menggunakan
layar sentuh untuk bereaksi terhadap apa yang ditampilkan dan untuk mengontrol
bagaimana ditampilkan (misalnya dengan zoom ukuran teks).
Touchscreen ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi
langsung dengan apa yang ditampilkan, daripada menggunakan mouse , touchpad, atau perangkat perantara
lain (selain stylus, yang opsional untuk touchscreens paling modern).
Touchscreens yang umum di perangkat seperti konsol game,komputer pribadi ,ponsel/smartphone, tablet . Mereka juga dapat
dilampirkan ke komputer atau, seperti terminal, ke jaringan. Mereka juga memainkan peran
penting dalam desain peralatan digital seperti personal digital assistant (PDA) , navigasi perangkat, ponsel , dan video game dan beberapa buku (buku elektronik).
Secara historis, sensor touchscreen dan menyertainya berbasis
kontroler firmware yang telah disediakan oleh beragam setelah pasar system integrator, dan bukan oleh tampilan,
chip atau produsen motherboard. Produsen layar dan produsen chip di seluruh dunia telah mengakui
kecenderungan penerimaan touchscreens sebagai sangat diinginkan user interface komponen dan telah mulai mengintegrasikan touchscreens ke dalam
desain dasar dari produk mereka.
Bebarapa Sistem operasi yang sudah menanamkan teknologi
touch screen adalah
1.IOS
2. Windows
3. Android
4.Blackberry
5. dll
5. Gesture based
teknologi ini Sampai saat ini masih terus dikembangkan oleh para ahli. agar memudahkan teknoogi kedepannya.
x
0 komentar:
Posting Komentar